5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Punya masalah dengan bau badan ? Anda tak sendirian, banyak orang yang mengalami masalah serupa. Bau badan terkadang tetap muncul walau kita sudah menjaga kebersihan tubuh. Banyak orang yang sudah mandi teratur dan rajin merawat kebersihan tubuh, namun tetap saja bermasalah dengan bau badan.

Menyebalkan bukan ? Untuk tahu cara mengatasinya, kita harus tahu penyebabnya. Yuk kita ulas beberapa penyebab timbulnya bau badan agar tahu cara mengatasinya.

51. Stres dan Tertekan

Keringat alami seperti saat kita berolahraga ternyata tak begitu bau, karena sebagian besar isinya hanya air dan elektrolit. Keringat paling bau ternyata yang muncul jika kita sedang stres dan tertekan. Ternyata keringat karena stres tersebut lebih banyak mengandung protein dan lemak sehingga lebih disukai oleh bakteri. Inilah mengapa keringat karena stres biasanya lebih lengket dan bau dibanding keringat biasa. Manajemen stres sangat membantu mengatasi penyebab satu ini.

42. Genetik atau Keturunan

Jika kaki kita bau setelah memakai sepatu itu sebenarnya wajar. Suasana gelap, hangat, dan lembab di dalam sepatu sangat mendukung berkembangnya bakteri penyebab bau tak sedap. Namun ada orang yang memang cenderung berkeringat lebih banyak dibanding yang lain, karena faktor keturunan. Hal ini menyebabkan kakinya menjadi lebih lembab dan menjadi lebih bau. Untuk penyebab genetik atau keturunan ini hanya bisa dikurangi dengan rajin menjaga kebersihan sepatu, sering mengganti kaus kaki atau memilih sepatu dengan model terbuka agar kaki tidak lembab.

33. Malas Mengganti Pakaian Dalam

Pakaian dalam biasanya terbuat dari bahan-bahan yang mudah menyerap keringat. Jika kita malas menggantinya secara teratur maka akan menjadi tempat berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau tak sedap. Jadi percuma rajin mandi jika pakaian dalam tak diganti dengan yang bersih.

Baca Juga :  9 Makanan ini bisa buat Tidur Anda Lebih Nyenyak

24. Makanan berbau

Makanan yang berbau akan cenderung mengurai menjadi zat-zat yang berbau juga dan nantinya beredar di aliran darah kemudian keluar melalui nafas, keringat dan urine. Makanan seperti bawang merah, bawang putih, jengkol, petai, dan brokoli akan menimbulkan bau khas tidak enak. Sebaiknya kita memilih mengkonsumsi makanan yang tidak menimbulkan bau.

15. Minuman Beralkohol

Setelah diminum, alkohol akan mengalir dalam darah, bergerak ke penjuru tubuh, keluar melalui pori-pori dan nafas. Aroma yang keluar dari proses penguraian alkohol di tubuh akan menimbulkan bau tak sedap.

Mengkonsumsi makanan yang bisa “mengharumkan” keringat seperti jahe, temulawak, daun beluntas, cengkih, dan daun kemangi, bisa membantu menghilangkan bau badan. Makanan tersebut mengandung zat yang setelah diproses tubuh akan menimbulkan aroma harum pada keringat.

Memakai deodoran dan minyak wangi juga membantu “menutupi” bau badan. Namun yang terpenting, tetap saja kita harus rajin mandi dan menjaga kebersihan tubuh agar badan tidak bau.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here