6 Tips Perawatan Kulit Kering

Tips Perawatan Kulit Kering

Musim kemarau yang juga musim kering membuat kelembaban kulit Anda yang cenderung kering semakin terasa kaku. Jangan takut, ada tips mudah yang dapat membantu Anda untuk merawat kulit Anda yang kering.

1. Jangan terlalu lama Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang sangat menenangkan, dan mampu mengembalikan energi sebelum Anda tidur. Namun ada hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memutuskan untuk mandi air hangat, jangan terlalu lama. Karena dengan Anda mandi air hangat terlalu lama, dapat membuat pelembab alami yang ada pada kulit semakin terkikis.

2. Pilih-pilih sabun

Pilih sabun ynag lembut dan memiliki pelembab. Hindari sabun antibakterial atau sabun deodorant, karena formulanya yang sedikit keras dan kurang cocok untuk jnis kulit kering. Pilih sabun lembut yang tidak menggunakan wewangian, atau wangi yang ringan.

3. Gunakan Pelembab

Cara yang paling baik untuk mengurangi atau mencegah kulit terasa kering adalah pelembab. Gunakan pelembab seperti hand and body lotion setelah Anda mandi untuk mengembalikan kelenturan kulit. Jangan lupa untuk banyak minum air, sebagai pelembab dari dalam.

4. Tetap gunakan sunscreen

Sekitar 80% sinar matahari dapat menembus dibalik awan, salju dan kabut. Jika Anda terlalu lama dan terlalu sering terpapar sinar tersebut, wajah Anda akan “dihiasi” dengan keriput dan flek hitam. Bukan itu saja, risiko Anda terkena kanker kulit karena sinar UV A dan B yang ada pada matahari akan semakin tinggi. Gunakan sunscreen atau tabir surya, paling tidak 10 menit sebelum Anda keluar rumah.

Baca Juga :  Kembali Segar dengan Oxygen Facial Therapy

5. Gunakan pelembab bibir

Bibir tidak memiliki sediaan pelembab alami, jadi akan dengan mudah kering dan pecah-pecah. Berikan bibir Anda pelembab bibir seperti lip balm yang memiliki kadar sunscreen dengan SPF 15 atau lebih.

6. Facial dan masker

Ketika Anda melakukan facial dirumah, jangan gunakan bahan sabun yang memiliki unsur scrub. Karena tekstur scrub yang kasar dapat menggerus kelembaban kulit Anda. Untuk masker, gunakan masker yang khusus dibuat untuk kulit kering, biasanya mengandung ekstrak avocado (alpukat) atau wortel.

Tapi akan lebih baik jika Anda meracik sendiri masker, yakni dengan 2 buah alpukat yang telah dihaluskan. Tempelkan pada wajah antara 20-30 menit, atau hingga masker sedikit berkurang airnya. Jangan lupa untuk menutup mata Anda dengan irisan mentimun, atau tomat sebagai penyegar mata yang lelah. Kemudian, cuci wajah Anda dengan air hangat, bersihkan, dan akhiri dengan menepuk-nepuknya dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here