8 Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak

Tips Agar Tidur lebih Nyenyak pada malam hari

8 Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak

Tak sedikit orang mempunyai masalah dengan tidur mereka, terutama untuk anak muda yang terlalu aktif dengan gadget mereka dan bagi mereka para pekerja keras. Sebenarnya kita memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam, tetapi karena banyaknya kerjaan atau hal hal sepele yang anda temui sehari harinya anda mungkin akan sulit memenuhi anjuran waktu tidur tersebut.

Biasanya jika anda tidur kurang dari anjuran waktu diatas anda akan menemukan masalah pada tubuh anda ketika bangun paginya seperti tubuh tetap lelah dan kepala menjadi pusing, atau yang paling anda tidak inginkan ketiduran waktu kerja / proses belajar yang nantinya bisa menjadikan masalah baru pada hidup anda untuk kedepanya.

Untuk menghindari hal hal tersebut anda bisa mengikuti tips dibawah ini agar anda bisa tidur dengan cukup dan tentunya dengan lebih nyenyak

1.Jauhkan Handphone atau Laptop dari Tempat Tidur

Jika anda ingin agar tidur anda lebih cepat dan nyenyak disarankan untuk menjauhkan handphone atau leptop dari tempat tidur anda, disamping agar tidur anda tidak tertanggu hal ini juga berpengaruh bagi kesehatan anda karena radiasi handphone dikatakan menyebabkan suatu penyakit.

2.Olahraga Ringan / Yoga Sebelum Tidur

Olahraga ringan dan tidak berlebihan sebelum tidur terbukti akan membantu anda untuk tidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak sama dengan yoga bisa membantu anda untuk mengatasi insomnia, bukan hanya itu yoga beserta meditasi juga dapat menenagkan pikiran anda, hal ini akan membuat anda tidur menjadi lebih nyenyak.

3. Jangan Makan Mendekati Waktu Tidur

Mengkonsumsi makanan yang banyak sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan tidur dan hormon yang buruk. Namun, mengonsumsi karbohidrat beberapa jam sebelum tidur bisa membantu untuk tidur lebih cepat.

4. Bersantai dan Bersihkan Pikiran Anda di Malam Hari

Banyak orang memiliki rutinitas pra-tidur yang membantu mereka rileks. Teknik relaksasi sebelum tidur seperti Yoga dan Meditasi (tips 2) terbukti meningkatkan kualitas tidur dan merupakan teknik umum yang digunakan untuk mengobati insomnia. Ada banyak rutinitas kecil yang bisa Anda coba, termasuk mendengarkan musik santai, membaca buku, mandi air hangat (tips 5), pernapasan dalam dan visualisasi.

5.Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh Anda untuk menurunkan temperatur tubuh dan juga dapat melemaskan otot otot tubuh agar bangun pagi menjadi lebih segar dan siap memulai aktivitas.

Baca Juga :  Cara Menghindari Tekanan Darah Meninggi Saat Menopause

Cara Alternatif: Beberapa Penelitian menunjukkan bahwa anda hanya merendam kaki Anda dengan air hangat dapat membantu Anda rileks dan memperbaiki tidur.

6.Atur Suhu Kamar Tidur Anda

Suhu tubuh dan suhu dari kamar tidur juga bisa sangat mempengaruhi kualitas tidur. Seperti yang mungkin Anda alami selama musim panas bisa sangat sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak saat suhu kamar atau tubuh terlalu hangat. Uji suhu yang berbeda untuk mengetahui mana yang paling nyaman untuk Anda. Sekitar 70 ° F / 20 ° C nampaknya nyaman bagi kebanyakan orang.

7.Optimalkan Lingkungan Kamar Tidur Anda

Banyak orang percaya bahwa lingkungan kamar tidur dan penyiapannya merupakan faktor kunci dalam tidur nyenyak. Untuk mengoptimalkan lingkungan kamar tidur Anda, cobalah untuk meminimalkan segala kebisingan, cahaya dan lampu buatan dari perangkat seperti jam alarm. Pastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang sepi, santai, bersih dan menyenangkan.

8.Jangan minum kopi dan alkohol di sore hari

Kopi apalagi yang mengandung kafein bila dikonsumsi di siang hari, stimulasi sistem saraf Anda dapat menghentikan tubuh Anda dari relaksasi alami di malam hari. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi kafein hingga enam jam sebelum tidur secara signifikan memperburuk kualitas tidur. Kafein bisa tetap ditinggikan dalam darah selama 6-8 jam. Oleh karena itu, minum kopi dalam jumlah besar setelah pukul 3-4 sore. Tidak disarankan, apalagi jika Anda peka terhadap kafein atau sulit tidur. Jika Anda menginginkan secangkir kopi di sore atau sore hari, maka tetaplah dengan kopi tanpa kafein.

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Bau Badan Dengan Obat Herbal dan Secara Medis

Begitu juga dengan alkohol. Minum beberapa minuman beralkohol di sore/malam hari dapat berdampak negatif terhadap tidur dan hormon Anda. Alkohol diketahui menyebabkan atau meningkatkan gejala sleep apnea, mendengkur dan mengganggu pola tidur. Ini juga mengubah produksi melatonin malam hari, yang memainkan peran kunci dalam ritme sirkadian tubuh Anda

Tidur nyenyak sama pentingnya dengan olahraga teratur dan diet sehat. Jika Anda ingin mengoptimalkan kesehatan atau menurunkan berat badan, maka tidur nyenyak adalah salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here