9 Makanan ini bisa buat Tidur Anda Lebih Nyenyak

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Tetapi banyak orang yang mengidap insomnia dan kesulitan untuk tidur. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tidur. Anda bisa memulainya dengan memilih makanan yang mengandung zat-zat yang bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

9Selada

Kedengarannya aneh, tetapi Gillian McKeith, seorang pakar nutrisi holistik, menegaskan kalau mengkonsumsi selada pada malam hari bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak.

“Zat yang menyerupai susu pada selada mengandung substansi yang menyerupai opium,” terang dia seperti dikutip oleh foxnews.com. Zat ini, disebut dengan lactucin. Kandungan ini, terang dia, bisa membuat Anda rileks dan tidur lebih nyenyak. Coba buktikan sendiri.

8Teh chamomile

Teh hangat bisa membuat Anda rileks, tetapi jika ingin tidur selama 8 jam per hari. Teh chamomile merupakan pilihan yang bagus. Teh ini, terang McKeith, mengandung zat penenang alami. Zat penenang ini bisa merilekskan ketegangan saraf.

7Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung mineral magnesium yang efektif merilekskan otot-otot dan saraf. McKeith menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi kol bunga, brokoli, serta bok choy.

Baca Juga :  8 Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak

6Daging ayam

Kadang kita merasa lelah setelah mengkonsumsi daging ayam porsi besar. Ini disebabkan oleh tryptophan, sejenis asam amino yang ditemukan pada ayam atau kalkun. Tryptophan ini kemudian akan berubah menjadi hormon tidur melatonin yang ada di otak.

Selain ayam dan kalkun, Anda juga bisa mendapatkan tryptopha pada beras merah, kedelai, ikan, biji labu, tuna, dan yogurt murni.

5Pisang

Jika Anda tidak memyukai makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba pisang. Pisang juga kaya akan tryptophan.

4Karbohidrat kompleks

McKeith juga meganjurkan Anda untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan pada beras, gandum, jelai atau kentang. Mengkonsumsi karbohidrat, terang McKeith, akan memicu pelepasan insulin yang penting untuk membawa tryptophan ke otak.

3Oatmeal

Oatmeal tidak hanya bisa dimakan untuk sarapan. Cobalah mengkonsumsi semangkok oatmeal di malam hari. makanan ini, lanjut McKeith, mengandung zat yang bersifat menenangkan dan memperbaiki. Kandungan ini, tentunya akan membuat tidur malam Anda lebih nyenyak.

2Madu

Studi telah menunjukkan, madu merupakan obat tidur alami. Hal ini karena madu mengandung bahan alami yang dikenal dengan nama orexin. Zat ini bisa menenangkan dan mengistirahatkan otak.

1Telur

Makanan yang kaya akan niacin, menurut McKeith, sangat membantu karena terlibat dalam sintesa seratonin. Telur, ikan, ayam, kedelai, kacang polong dan kelabat merupakan makanan yang kaya niacin.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here