Erotomania – Delusi Jatuh Cinta

Erotomania

Erotomania atau Sindroma de Clerambault adalah Jenis gangguan delusional dimana penderitanya memiliki keyakinan didalam dirinya atau percaya bahwa orang lain memiliki rasa atau jatuh cinta kepada sipenderita, Bahkan yang lebih parah lagi penderita tidak perlu untuk kontak langsung terhadap seseorang kebanyakan orang yang memilki status sosial lebih tinggi dari dirinya , misanya selebritis, politikus terkenal atau public figure bisa membuat penderita yakin bahwa seseorang jatuh cinta padanya.

Inti dari sindrom ini adalah bahwa sipenderita mempunyai keyakinan yang salah. Penderita juga percaya bahwa seseorang tersebut menyatakan cintanya secara tidak langsung dengan postur tubuh. Seorang erotomaniak memilki pemikiran bahwa ia bisa memiliki kontak batin dengan seseorang.

Lain halnya dengan G’R (Gede Rasa) jika G’R semua orang pasti pernah mengalaminya dan mudah dihilangkan, tetapi Erotomania kekaguman atau perasaanya kepada seseorang tidak akan mudah dihilangkan bahkan setiap hari akan menjadi jadi.

Penyebab Erotomania biasanya terjadi karena kurangnya perhatian dimasa kecilnya atau selalu mengalami kegagalan dalam hubungan percintaan.

Pengobatan Erotomania, Penderita Erotomania apalagi sudah secara akut akan memerlukan waktu yang lama dan perlahan untuk sembuh dan diyakini tidak akan sembuh normal sepenuhnya.

Tahap penyembuhan bisa dengan cara Terapi CBT (Cognitive behavioural therapy), Terapi ini dipakai untuk menghilangkan kepercayaan atau ide ide bahwa sipenderita dicintai oleh orang orang tertentu lalu fantasinya akan dikembalikan ke realita. Sebagai tambahan Bisa juga dibantu dengan obat obatan depresi seperti antidepresan.

 

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here