Ini Dia Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang suka minum sari kacang hijau ? Rasanya memang enak kan ? Kalau dulu, kita harus memasak dulu berjam-jam kacang hijau agar bisa dinikmati atau harus membeli pada penjual bubur kacang hijau yang nongkrong di pinggir jalan. Namun sekarang, menikmati sari kacang hijau sangat praktis, kita bisa langsung membelinya dalam bentuk minuman kotak.

Saat ini, kebutuhan kacang hijau di dalam negeri memang tinggi, seiring munculnya produk minuman yang terbuat dari kacang hijau. Selain bentuk minuman, sejak lama kacang hijau bisa dinikmati dalam berbagai bentuk makanan seperti kue, onde-onde, es kacang hijau, puding, dan lain-lain.

Tanaman yang termasuk suku polong-polongan ini merupakan sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Di Indonesia, kacang hijau menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah untuk kebutuhan konsumsi kacang-kacangan.

Baca Juga :  Terapi Tertawa untuk Atasi Stress

Kacang hijau memiliki berbagai kandungan bermanfaat yaitu serat, protein, asam lemak essensial, karbohidrat, vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang hijau adalah vitamin A, B1, C, asam folat, thiamin, riboflavin, selenium, magnesium, besi, zinc dan lain-lain. Selain rasanya yang enak, berbagai kandungan gizi tersebut membuat kacang hijau sangat berkhasiat. Berikut beberapa khasiat kacang hijau bagi kesehatan kita :

  1. Sebagai anti oksidan. Kacang hijau bisa mencegah penuaan dini dan kanker.
  2. Kesehatan tulang dan gigi. Kandungan posfor dan kalsium dalam kacang hijau bermanfaat untuk regenerasi dan pembentukan tulang dan gigi.
  3. Melancarkan aliran darah. Kacang hijau ternyata bisa menghancurkan lemak jenuh di aliran arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh kita
  4. Menyembuhkan luka dan menyehatkan mata.kandungan vitamin A dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan proses penyembuhan luka.
  5. Mencegah kanker usus. Serat tinggi yang terkandung dalam kacang hijau membuatnya bermanfaat untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat beracun sehingga mencegah gangguan pencernaan seperti kanker usus.
  6. Pembentukan sel baru. Kandungan protein dalam kacang hijau bermanfaat untuk membentuk sel tubuh seperti otot, otak, dan lainnya.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here