Kebutuhan Gizi Untuk Ibu Vegetarian

Kebutuhan Gizi Untuk Ibu Vegetarian

Secara garis besar, penganut vegetarian dibagi atas lacto-ovo vegetarian (tidak makan daging ternak, unggas atau ikan, tetapi mengkonsumsi susu, telur dan produk olahannya), lacto vegetarian (mengkonsumsi sayuran serta produk susu seperti susu, keju, yogurt, mentega dan krim) dan pure vegetarian atau vegetarian murni (hanya mengkonsumsi bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan).

Bila Anda ibu hamil penganut vegetarian, kehamilan Anda bisa tetap berjalan mulus dan sehat. Caranya, perhatikanlah kecukupan konsumsi zat-zat gizi yang umum nya terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari hewan, seperti protein berkualitas tinggi, vitamian B 12, vitamin B 6, zat kapur/kalsium (Ca), zat besi (Fe), dan seng (Zn). Dengan demikian, janin Anda dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam me ngatur menu makanan Anda.

Protein

Protein berfungsi sebagai zat pembangunan yang penting untuk pembangun yang penting untuk pertumbuhan jaringan-jaringan yang baru dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan mempunyai nilai biologis lebih rendah ketimbang protein dari hewan.

Itu sebabnya, Anda perlu mengkonsumsi hidangan yang diolah dari campuran berbagai jenis tumbuhan yang meliputi biji-bijian.

Beberapa jenis bahan pangan nabati yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan akan protein adalah aneka kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hitam, kacang mete), beras merah, jagung, aneka polong-polongan (kapri, buncis, dan kacang panjang), kentang mentega kacang, yogurt dari susu kedelai, tempe, tahu, atau produk olahan kedelai lainnya.

Vitamin B12

Penganut lacto-ovo vegetarian dan lacto vegetarian umumnya cukup mendapat vitamin B 12. Namun, tidak demikian halnya dengan penganut vegetarian murni. Padahal, vitamin B 12 diperlukan untuk berlangsungnya semua fungsi sel-sel tubuh. Untuk mengatasi kekurangan vitamin ini, vegetarian murni perlu mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B 12, seperti tempe, tauco, oncom, atau neka produk makanan yang telah diperkaya oleh beberapa vitamian dan mineral, seperti aneka breakfast cereal.

Vitamin B6

Vitamin ini memang diperlukan, karena besar peranannya dalam membantu pemanfaatan protein oleh tubuh. Beberapa makanan sumber vitamin B 6 adalah kacang kedelai, kentang, pisang, ubi jalar, beras merah, dan korma.

Baca Juga :  Ini Dia Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Zat kapur (kalsium)

Zat kapur (kalsium) adalah senyawa yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat, di samping berperan dalam berlangsungnya fungsi otot dan sistem saraf tubuh.

Bagi Anda yang masih mengkonsumsi susu hal ini tidak begitu menjadi masalah sebab susu adalah sumber kalsium yang baik. Sekalipun demikian, tak ada salahnya bila Anda juga mengkonsumsi sayuran berdaun hijau hijau, seperti bayam, kangkung brokoli, dan rumput laut.

Zat besi

Mineral ini dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin sel darah merah. Umumnya zat besi yang terkandung dalam bahan pangan nabati lebih sulit diserap tubuh daripada zat besi yang terkandung dalam bahan pangan hewani.

Itu sebabnya, dalam diet vegetarian bisanya jenis makanan yang kaya vitamin berlangsung lebih murah. Misalnya, konsumsi roti lapis mentega kacang dengan segelas jus jeruk. Beberapa bahan makanan nabati yang mengandung zat besi adalah buah-buahan, kentang, dan sayuran.

Seng

Fungsi seng adalah membantu mempertahankan keseimbangan sistem kimia (asam basa) dalam tubuh, serta fungsi organ reproduksi dan otak. Beberapa terdapat dalam bahan pangan nabati, seperti serat dan asam fitat, dapat menghambat penyerapan beberapa mineral, termasuk seng.

Itu sebanya, Anda harus cermat dalam mengkonsumsi. Beberapa jenis bahan pangan nabati yang kaya seng adalah bayam, kacang kapri (green peas), benih gandum (wheat germ), popcorn, mentega kacang, tepung terigu utuh, dan biji wijen.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here