Kelebihan dan Kekurangan Susu Kedelai

Kelebihan dan Kekurangan susu kedelai

Susu kedelai minuman yang kaya akan gizi dan nutrisi. Minuman yang terbuat dari proses perendaman, penggilingan, serta perebusan dari kacang kedelai dengan air ini memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita. Susu kedelai mempunyai kelebihan dan kekurangan yang harus anda ketahui berikut adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari susu kedelai

Kelebihan Susu Kedelai

Sumber Protein Lengkap

Susu kedelai mengandung protein lengkap dibandingkan sumber protein nabati lainnya dari berbagai macam asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Secangkir sari kedelai mengandung 7 gram protein yang berguna mendukung proses metabolisme dan regenerasi sel.

Rendah Lemak

Mengkonsumsi sari kedelai secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau (LDL) dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau (HDL) Hal ini dikarenakan sari kedelai rendah lemak dan menurunkan kadar lemak jenuh yang dikonsumsi tubuh, dan selanjutnya menurunkan kadar kolesterol jahat. Kemampuan sari kedelai menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

Baca Juga :  Daftar Makanan & Minuman Penambah Berat Badan Secara Sehat

Bebas Laktosa

Susu kedelai tidak mengandung laktosa, yaitu gula alami yang biasanya terdapat dalam susu sapi. Oleh karena itu, susu kedelai memiliki resiko lebih rendah untuk menimbulkan alergi bila dikonsumsi. Tidak adanya kandungan laktosa juga membuat sari kedelai aman dikonsumsi tanpa menyebabkan gangguan pencernaan.

Kaya Serat, Isoflavon dan Fitoestrogen

Sari kedelai juga kaya serat, isoflavon, dan fitoestrogen. Serat membantu proses penurunan berat badan, sebab membuat kita lebih cepat kenyang ketika makan, sehingga membantu mengurangi porsi makan secara bertahap dan membantu melancarkan proses pencernaan. Isoflavon membantu mencegah proses penuaan dini, mencegah kerontokan rambut, dan memelihara keremajaan kulit. Isoflavon juga membantu mengurangi gejala menopause, mencegah diabetes, dan menjaga kerapatan tulang untuk mencegah osteoporosis pada wanita berusia lanjut.

Efek Samping Susu Kedelai

Namun demikian, sari kedelai ini juga memiliki kekurangan. Sari kedelai memiliki kadar kalsium rendah, bahkan lebih rendah daripada susu sapi. Untuk itu, diperlukan sumber makanan atau minuman lain yang kaya kalsium seperti susu skim rendah lemak untuk membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian. Batasi konsumsi sari kedelai jika Anda memiliki kadar asam urat tinggi sebab sari kedelai berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh dan juga berpengaruh dalam pembentukan batu ginjal.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here