Kenali Faktor Risiko Osteoporosis

Kenali Faktor Risiko Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang pada manusia usia lanjut. Penelitian terbaru menyatakan bahwa para wanita muda bisa meningkatkan massa tulang mereka hingga 20% untuk tabungan masa tua, melalui makanan dan olah raga yang tepat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena osteoporosis:

  • Usia. Semakin bertambahnya usia, semakin tinggi resiko terkena osteoporosis. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya usia seseorang, maka tulang akan berkurang kekuatan dan kepadatannya.
  • Jenis kelamin. Wanita lebih beresiko terkena osteoporosis karena memiliki jaringan tulang yang lebih sedikit dan lebih cepat kehilangan massa tulang dibandingkan pria.
  • Genetik (Keturunan). Wanita yang dalam sejarah kesehatan keluarga, nenek atau ibunya, pernah mengalami patah tulang belakang, lebih beresiko mengalami pengurangan massa tulang.
  • Ras. Penelitian menunjukkan wanita yang tinggal di negara barat memiliki resiko lebih besar terkena osteoporosis dibandingkan wanita Asia. Hal ini disebabkan karena di Asia lebih banyak mendapatkan sinar matahari.
  • Struktur tulang. Wanita yang memiliki bentuk tulang yang kurus serta tubuh yang kurus pula, memiliki resiko lebih besar mengalami osteoporosis daripada wanita bertulang besar, padat, dan bertubuh subur.
  • Menopause. wanita yang sudah menopause lebih rentan terkena osteoporosis.
  • Gaya hidup. Kebiasaan merokok, minuman beralkohol, dan kurang melakukan olahraga beban.
  • Pengobatan penyakit kronis. Obat-obatan tertentu misalnya obat untuk mengobati kanker, endometriosis, dan sebagainya, dan pengobatan berjangka panjang dapat meningkatkan resiko osteoporosis. Demikian juga penyakit kronis yang mempengaruhi paru-paru, lambung, usus halus, dan yang mengubah kadar hormon, serta rendahnya hormon testosteron pada pria yang tidak terdeteksi juga merupakan faktor resiko.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here