Penyebab, Pengertian dan Cara Pencegahan Ketombe

Kenali Ketombe Lebih lanjut

Penyebab, Pengertian dan Cara Pencegahan Ketombe

Mari kita awali dengan pengertian ketombe terlebih dahulu mudahnya ketombe adalah serpihan putih agak ke abu abuan yang muncul dari kulit kepala biasanya akan terlihat di rambut atau biasanya juga bisa jatuh ke bahu anda.

Ketombe tidak berakibat fatal bagi kesehatan tubuh anda namun ketombe mengakibatkan penurunan kepercayaan diri anda dalam bergaul nantinya.

Lain halnya pada bayi, ketombe pada bayi atau biasanya jg disebut cradle cap adalah kondisi yag mengakibatkan kulit pada kepala bayi terlihat seperti bersisik. Pada umumnya cradle cap ini terjadi pada kulit kepala bayi yang baru lahir, namun bisa juga muncul pada masa pertumbuhan bayi. Cradle cap ini bukanlah kondisi yang dibilang berbahaya kondisi ini juga cenderung akan hilang dengan sendirinya pada saat bayi memasuki usia satu tahun.

Penyebab Munculnya Ketombe

Penyebab utama ketombe adalah Dermatitis Seboroik, Gejala kondisi ini biasanya mengubah kulit menjadi berminyak berwarna merah disertai dengan serpihan kecil berwarna putih serta bersisik berwarna kekuningan. Dermatitis Seboroik biasanya juga bisa dijumpai dibagian tubuh lain yang memiliki kelenjar minyak seprti alis, selangkangan, ketiak, dan hidung bagian samping.

Baca Juga :  Tips Menggunakan Sampo untuk Atasi Ketombe Membandel

Penyebab lain ketombe adalah Jamur Malassezia, jamur ini jika berkembang terlalu banyak di kulit kepala dapat menyebabkan iritasi, akibat dari iritasi inilah yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit kepala yang lebih cepat. Sel kulit yng berlebihan ini akan mati dan menempel pada rambut sebagai ketombe.

biasanya ada beberapa faktor yang menjadikan Jamur Malassezia lebih cepat berkembang biak diantaranya

  • Faktor Usia
  • Faktor Hormon
  • Stress

Disamping Dermatitis Seboroik dan Jamur Malassezia ada juga penyebab lainnya munculnya ketombe yaitu

Karena Kulit Kering Kulit yang kering adalah penyebab umum terhadap munculnya ketombe. Ketombe akibat kulit kering umumnya lebih kecil dan lebih kering dibandingkan ketombe yang diakibatkan kondisi lain. Biasanya Anda bisa melihat gejala dan tanda-tanda kulit kering pada bagian lain selain kulit kepala, misalnya pada tangan dan juga kaki.

Kulit Kepala Kering biasanya terjadi karena beberapa faktor dibawah ini

  • Perubahan Cuaca
  • Kulit berminyak yang disebabkan oleh ketidak cocokan kulit kepala anda dengan produk seperti sampo, minyak rambut, atau pewarna rambut.
  • Usia Tua ( setengah baya )

Eksim atau peradangan kronis yang terjadi pada kulit anda. Eksim ini dapat membuat kulit anda terasa gatal dan akan muncul seperti serpihan putih.

Baca Juga :  Kenali 9 Gejala Awal Kolesterol Tinggi Pada Tubuh Anda

Karena Kurang Keramas atau Karena rambut dan kulit kepala kotor karena debu dll. Jika anda kurang peduli untuk membersihkan rambut/kulit kepala anda, Minyak dan sel dari kulit kepala anda akan menumpuk dan menyebabkan ketombe.

Tips untuk mencegah Kulit Kepala kering dan Munculnya Ketombe

Sebenarnya ketombe adalah kondisi yang umum dan susah untuk diobati pada manusia. ketombe memang akan hilang tetapi akan kembali lagi nantinya. disini sehatbaik akan memberikan beberapa tips untuk mencegahnya

  • Jika anda ketombe, Seringlah Cuci rambut anda dengan sampo antiketombe dan pastikan bilas dengan bersih sesudahnya.
  • Hindari beberapa produk yang mengandung bahan kimia keras dan yang menyebabkan kulit anda berminyak.
  • Hati hati dalam memilih produk sampo ataupun minyak rambut.
  • Lakukan Yoga atau Hiburan lainnya agar tidak Stress 😛

Yang pasti semua butuh usaha dan kesabaran karena menghilangkan ketombe atau segala yang berhubungan dengan penyakit tidaklah instant. Jika permasalahan pada ketombe anda terus berlanjut segeralah periksa ke dokter terdekat.

 

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here