Payudara Kendur ? Berikut Penyebab, Pencegahan dan Perawatan

Payudara anda Kendur ? Berikut adalah penjelasan tentang Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan payudara kendur

Payudara Kendur: Penyebab, Pencegahan dan Perawatan

Payudara yang kendur atau istilah medisnya adalah “Breast Ptosis” yaitu bagian dari perubahan penampilan payudara yang dialami sebagian besar wanita, terutama saat usia wanita bertambah tua. Hal ini cenderung menjadi perubahan alami. Meski demikian, beberapa wanita mungkin tidak menginginkan payudara yang kendur.

Jadi, Apa penyebab payudara kendur?

Faktor yang Biasanya terjadi adalah karena usia, ligament di payudara atau disebut Cooper’s ligaments melonggar dari waktu ke waktu seiring usia. Cooper’s ligaments adalah kumpulan jaringan yang tipis di payudara yang membantu menopang sebagian besar jaringan payudara. Ligamen ini menghubungkan kulit di atas payudara ke tulang selangka (clavicula) dan jaringan ikat yang mendasarinya di atas dada, atau otot dada, memberikan bentuk khas dari payudara. Seiring bertambahnya usia, ligamen Cooper menjadi lebih longgar dan payudara mulai melorot. Namun, Anda dapat mencoba memperlambat proses ini dengan melakukan latihan untuk memperkuat keterikatan ligamen Cooper ke otot pektoralis di bawahnya.

Informasi tentang apa yang menjadi penyebab dan apa yang tidak menyebabkan payudara kendor bisa saling bertentangan. Untungnya, fakta telah terpisah dari kesalahpahaman dari waktu ke waktu.

Penyebab sebenarnya dari payudara kendor adalah:

  • Penuaan (Faktor Usia)
  • Kekurangan Kolagen
  • kekurangan Estrogen
  • Pengaruh Gravitasi Bumi
  • Berat badan Dan Tinggi badan tidak sesuai
  • Ukuran payudara Terlalu Besar
  • Menopause
  • Hamil lebih dari sekali
  • Penurunan berat badan yang cepat diikuti oleh kenaikan berat badan (atau sebaliknya)
  • Merokok
  • karena Mengalami Penyakit Tertentu
  • Diperlakukan terlalu kasar

Penyebab payudara kendor yang menjadi perdebatan adalah:

  • Karena Menyusui
  • Karena tidak memakai Bra
  • Karena memakai bra yang buruk

Hilangnya elastisitas kulit akibat penuaan adalah penyebab paling umum dari payudara kendor. Faktor lain adalah merokok, yang mempercepat penuaan dan dengan demikian berkontribusi terhadap payudara kendur.

Kehamilan yang lebih dari sekali adalah penyebab lain, walaupun anda tidak menyusui. Perubahan hormonal menyusut dan memperluas saluran susu dengan setiap kehamilan, yang dapat menyebabkan jaringan kendur. Berat badan yang cepat berubah sebelum dan sesudah kehamilan dapat menambah hal ini.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami Dan Permanen Pada Wanita

Ukuran payudara yang besar menyebabkan payudara melorot lebih tinggi, semata-mata karena massa payudara lebih tinggi lebih rentan terhadap gravitasi.

Sebenarnya, Jika anda memilih untuk menyusui anak ini tidak berpengaruh pada kekencangan payudara. Menyusui umumnya adalah menjadi penyebab peregangan jaringan pada payudara dan menyebabkan payudara kendur. Namun, penelitian menemukan ini adalah tidak benar.

Cara Mencegah dan Merawat Payudara yang Kendur

Mencegah dan Merawat Payudara yang Kendur

Ingin mengurangi risiko atau mencegah agar payudara anda tidak kendor, atau ingin merawat untuk mengencangkan payudara anda? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Kendalikan dan jaga kestabilan berat badan

Anda tidak perlu menurunkan berat badan, juga tidak perlu menambah berat badan. Sebagai gantinya, pertahankan berat badan agar tetap konsisten, dan pada tingkat yang sehat untuk Anda. Hal ini dapat mencegah payudara melorot dan membuat payudara lebih kencang. Jika Anda melakukan diet ketat sehingga terjadi penurunan berat yang banyak hal ini akan menpengaruhi elastisitas kulit termasuk kulit dada.

Temukan bra yang pas dan nyaman

Hal ini terutama berlaku untuk kegiatan olahraga, seperti jogging. Sebuah bra sport dengan dukungan yang cukup (molded cups) bisa mengurangi gerak payudara. Penelitian menunjukkan bahwa gerak payudara dari olahraga dapat menyebabkan peregangan dan kendur, walaupun masih banyak penelitian yang dibutuhkan.

Bila tidak berolahraga, penelitian yang sama menyatakan bahwa Anda tidak perlu bra untuk mencegah payudara kendur. Padahal, memakai bra yang salah ukurannya mungkin memiliki efek negatif lebih daripada tidak memakai satu sama sekali.

Jangan merokok, atau berhentilah merokok

Merokok mempercepat proses penuaan. Penuaan menyebabkan jaringan termasuk ligamen payudara kehilangan kekencangan. Merokok secara khusus mempercepat penuaan dengan cara menghancurkan elastin, protein yang membantu kulit tetap kenyal.

Lakukan Tes hormon

Penurunan hormon estrogen, yang terjadi biasanya selama menopause, dapat dikaitkan dengan penurunan kolagen. Menemukan cara sehat untuk meningkatkan kadar estrogen (seperti dengan Phytoestrogen atau suplemen) dapat memperbaiki bentuk payudara.

Bicaralah dengan dokter Anda dan lakukan tes sebelum mencoba menaikkan kadar estrogen Anda.

Pertimbangkan kehamilan dengan hati-hati

Jika keinginan Anda untuk penampilan payudara yang tidak berubah lebih besar daripada untuk menambah anak, pertimbangkan untuk menghindari hamil. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak kehamilan yang dialami wanita, semakin besar kemungkinan dia akan mengalami payudara kendor.

Olah Otot Dada (Pectoral)

Meski tidak ada otot di payudara, Anda bisa melatih otot-otot di bawahnya. Beberapa gerakan olah tubuh seperti Pushup, Chest Press,dll dengan latihan atau olahraga ini bisa membuat payudara indah dan kencang secara alami.

Pijat Payudara Anda secara teratur

Memijat payudara Anda dalam gerakan ke atas setidaknya 15 menit setiap hari (sekali di pagi dan malam hari untuk hasil yang lebih baik) dapat menguntungkan payudara Anda yang kendor.

Implan Payudara

Langkah terakhir anda bisa melakukan Implan Payudara, ini bisa membantu mengembalikan payudara Anda ke penampilan yang lebih muda dan kencang. Ini adalah pilihan yang mahal, namun memiliki hasil yang bagus.

Untuk Penjelasan cara lebih lengkap anda bisa mengunjungi Cara mengencangkan payudara dibawah ini

Baca Juga :  8 Cara Herbal & Alami mengencangkan Payudara Kendur yang bisa anda coba dirumah
Baca Juga :  6 Olahraga Ringan Untuk Mengencangkan Payudara anda yang Kendur

 

NOTE: Sebaiknya anda jangan mudah percaya bujukan untuk penggunaan obat krim oles, minyak dll yang dianggap bisa mengencangkan payudara yang kendor. Sebelum anda ingin atau tertarik menggunakan krim, minyak dll lebih baik anda konsultasi kedokter atau mencari info yang akurat terlebih dahulu.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here