Penyebab Anak Tidak Fokus Belajar di Kelas

Penyebab Anak Tidak Fokus Belajar di Kelas

Pasti semua orangtua akan merasa bahagia dan senang ketika melihat anaknya pergi berangkat ke sekolah untuk menimba ilmu atau belajar.

Namun faktanya, menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa hampir setengah dari anak yang belajar di sekolah, memiliki kecenderungan untuk tidak fokus pada mata pelajaran yang diajarkan, terutama ketika belajar pada jam-jam awal pelajaran, seusai olahraga atau pada jam akhir pelajaran.

Masih menurut sumber penelitian yang sama, dikatakan bahwa terdapat beberapa jenis dan macam penyebab anak tidak fokus belajar di kelas yang sebaiknya perlu diketahui oleh orangtua. Apa saja penyebabnya?

Berikut beberapa jenis dan macam penyebab anak tidak fokus belajar di kelas sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Baca Juga :  Tidur Siang bisa Tingkatkan Daya Ingat Anda

Kurang tidur. Menurut salah seorang psikolog anak terkemuka, dikatakan bahwa kurangnya waktu istirahat di malam hari, bisa menyebabkan anak kehilangan fokus dan konsentrasi ketika belajar di kelas.

Kurangnya waktu istirahat pada anak bisa saja disebabkan anak terlalu lelah, sehingga berbagai jenis hormon dan enzym yang bekerja ketika keadaan REM tidak berfungsi optimal, termasuk diantaranya hormon pertumbuhan dan regenerasi sel darah.

Psikologis. Selain kurangnya waktu istirahat, gangguan psikologis yang dialami anak juga bisa menyebabkan anak tidak fokus mengikuti pelajaran di kelas, demikian masih menurut sumber yang sama.

Beberapa gangguan psikologis yang dialami antara lain pertengkaran orangtua, ada tugas pekerjaan rumah yang belum diselesaikan, atau merasa kurang nyaman dengan lingkungan kelasnya, termasuk diantaranya guru dan temannya.

Baca Juga :  9 Makanan ini bisa buat Tidur Anda Lebih Nyenyak

Asupan makanan. Belajar dengan perut kosong juga merupakan salah satu penyebab anak tidak fokus ketika belajar di kelas, oleh karenanya sebaiknya dibiasakan anak mengkonsumsi sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah.

Namun demikian pemilihan asupan makanan juga mempengaruhi konsentrasi anak, asupan makanan gorengan atau tinggi lemak untuk sarapan juga menyebabkan organ pencernaan bekerja lebih berat dan memicu timbulnya rasa kantuk.

Demikianlah beberapa jenis dan macam penyebab anak tidak fokus belajar di kelas yang sebaiknya perlu diketahui oleh orangtua.

Satu hal penting yang hendaknya harus diingat orangtua adalah menciptakan kondisi lingkungan rumah yang mendukung proses belajar anak serta perhatikan kecocokan anak dengan lingkungan sekolahnya. Semoga bermanfaat.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here