Tips Mengontrol Berat Badan

Tips Mengontrol Berat Badan

Masalah mengontrol berat badan berlebih sudah menjadi sorotan beberapa tahun belakangan ini. Semua wanita pada umumnya menginginkan badan yang langsing.

Selain baik dari segi kecantikan, berat badan ideal juga sangat dianjurkan untuk kesehatan. Banyak juga yang mengalami bahwa mereka dengan mudah bisa menurunkan berat badan namun sangat susah mempertahankan dan mengontrolnya.

Nah mungkin salah satu hal dibawah ini dapat menjadi perhatian sehingga kita dapat menurunkan dan mengontrol berat badan dengan mudah.

Komitmen dan Tujuan

Tujuan anda menurunkan berat badan harusnya berasal dari motivasi diri sendiri dengan tujuan tertentu, bukan karena ingin menyenangkan orang lain. Dapat saja tujuannya adalah menyenangkan pacar atau suami namun yang utama adalah keinginan kuat dari diri anda sendiri.

Cobalah untuk mencapai berat badan yang nyaman sejak remaja. Jika anda selalu terlalu gemuk, maka usaha untuk mencapai kadar trigliserida, gula darah dan tekanan darah yang normal merupakan tujuan yang realistis.

Terimalah kenyataan bahwa menurunkan berat badan yang sehat adalah lambat dan tetap. Berupayalah untuk menurunkan berat badan tidak lebih dari setengah sampai satu kg seminggu. Jika berat anda turun sedikitnya ΒΌ kg seminggu, itu sudah cukup bagus.

Belajar untuk menikmati lebih banyak makanan sehat. Makanan cairan, pil-pil diet dan makanan kombinasi spesial bukanlah jawaban mengontrol berat badan untuk jangka waktu panjang dan kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga :  Manfaat Daun Salam Untuk Menurunkan Berat Badan dan Pelangsing

Hasil survey menunjukkan bahwa kebanyakan orang mencoba menurunkan berat badan dengan memakan 1.000 sampai 1.500 kalori perhari. Tapi mengurangi kalori sampai kurang dari 1.200 (jika anda wanita) atau 1.400 (jika anda pria) biasanya tidak cukup untuk memuaskan rasa lapar anda dalam jangka panjang.

Mengkonsumsi kurang dari 1.200 kalori per hari sering menimbulkan masalah dalam memperoleh kecukupan nutrisi tertentu seperti asam folat, magnesium dan seng.

Anda tidak perlu menurunkan berat badan secara drastis. Pengurangan sangat sedikitpun bisa membawa keuntungan besar, terutama jika anda memiliki masalah kesehatan sehubungan dengan berat anda.

Berat badan berkurang hanya 5 sampai 10% bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan angka triglicerid dan tingkat kolesterol, menurunkan gejala tidur apnea, dan mengurangi resiko terkena penyakit tulang, seperti osteoartritis serta bisa menambah rasa percaya diri anda.

Atur prioritas anda

Sebelum anda memutuskan untuk menjalani program penurunan berat badan, perhatikan kesiapan mental dan fisik anda karena anda akan membutuhkan tenaga dan fokus untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang menyebabkan tingginya berat badan anda.

Jika anda sedang bermasalah dalam keluarga atau keuangan, atau jika anda tidak merasa bahagia dengan aspek lain dalam hidup anda, mungkin hal ini akan membuat anda kurang bisa mengikuti program dengan baik. Masalah waktu sangat penting.

Mengontrol Berat Badan

Tetap aktif

Diet saja tidak cukup untuk menurunkan dan mengontrol berat badan anda. Tambahkan 30 menit berjalan kaki cepat selama 4 hari seminggu sehingga penurunan berat badan lebih efektif.

Olahraga bertujuan terutama untuk membakar kalori Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah melalui latihan aerobik yang teratur, seperti berjalan kaki selama lebih dari 40 menit.

Latihan kekuatan, seperti latihan beban, juga penting karena bisa membantu menghalangi otot kendor karena usia.

Mulailah berolahraga secara perlahan, kemudian tingkatkan intensitas dan durasinya secara bertahap. Berjalan kaki adalah pilihan ideal. Pilihan lain bagi aktifitas aerobik adalah, renang, bersepeda, jogging, dan menari.

Juga putuskan apakah anda ingin melakukan latihan sendiri atau bersama orang lain.

Ubah gaya hidup anda

Makan makanan yang sehat dan berlatih selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan belumlah cukup. Anda harus menggabungkan perilaku ini ke dalam kehidupan anda. Untuk melakukannya, anda harus mengubah kebiasaan-kebiasaan yang membuat anda gemuk.

Perubahan gaya hidup termasuk memperhatikan kebiasaan makan anda dan kebiasaan keseharian rutin. Apakah anda diajarkan untuk membersihkan piring anda? Jika ya, apakah anda tetap merasa terdorong untuk memakan segalanya, bahkan ketika anda kenyang? Jaga gaya makan anda.

Baca Juga :  Menurunkan Berat Badan Lewat Olahraga dan Pengaturan Pola Makan

Apakah anda makan dengan cepat? Apakah anda makan dalam bentuk gigitan besar? Kapan anda makan? Sambil menonton TV? Setiap saat? Jaga belanja dan teknik memasak anda.

Kemudian coba kerjakan suatu strategi untuk mengubah kebiasaan dan perilaku secara bertahap yang mungkin telah menggagalkan usaha-usaha anda di masa lampau.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here