Tips Tidur Berkualitas

Tips Tidur Berkualitas

Apakah anda mengalami kelelahan karena kurang tidur? Cukup tidur di malam hari penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu kita lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar dan bekerja jika pada makam sebelumnya kita tidur dengan kualitas dan kuantitas yang optimal.

Jumlah waktu tidur tidak dapat diindikasikan sebagai cukup tidur, melainkan yang terpenting adalah kulitas tidur anda. Orang dewasa memerlukan minimal 6 sampai dengan 8 jam untuk tidur demi menyegarkan kembali pikiran dan tubuh.

Berikut ini beberapa tips agar tidur Anda berkualitas:

Baca Juga :  8 Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak
  1. Kurangi asupan kafein secara keseluruhan seperti yang terkandung dalam kopi, teh, atau cokelat. Makan malam lebih awal atau minimal dua jam sebelum tidur akan membantu mencegah pencernaan bekerja terlalu berat.
  2. Hindari bekerja terlalu berat, karena dapat memacu hormon kortisol, yang akan mempersiapkan tubuh melakukan kegiatan. Bila dipicu dengan kegiatan yang memakan energi, hormon ini akan muncul lebih cepat dan Anda pun akan terbangun di tengah malam.
  3. Satu jam sebelum tidur, lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti mendengarkan musik, meditasi, beryoga, mandi air hangat, atau meninabobokan buah hati. Hindari pembicaraan yang memeras otak dengan anak atau suami. Anda dapat membahasnya di pagi hari saat pikiran dan tubuh kembali segar.
  4. Baringkan tubuh di tempat yang nyaman, dan sedikit demi sedikit kendurkan setiap bagian tubuh sambil membayangkan tempat yang menyenangkan.
  5. Pastikan Anda cukup mengonsumsi magnesium dan kalsium, mineral yang dapat membantu menghilangkan stres dan mencegah depresi. Setiap hari, tubuh memerlukan paling tidak 320 mg magnesium dan 1000 mg kalsium. Makanan yang mengandung magnesium di antaranya kacang-kacangan, ikan tuna, bayam, oatmeal, pisang, jeruk atau stroberi. Sedangkan kalsium terkandung dalam beberapa sayuran hijau, produk susu, ikan sarden, kacang-kacangan dan tahu.

Jangan lupa berdoa agar Anda diberi perlindungan dan kekuatan untuk menghadapi hari esok.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here