Vertigo, Sebab dan Penanganan

Vertigo, Sebab dan Penanganan

Mungkin banyak yang belum memahami dengan benar apa itu vertigo. Beberapa orang memahami vertigo sebagai suatu jenis sakit kepala yang diikuti dengan penglihatan yang berputar atau merasakan objek disekitarnya terlihat berputar dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.

Namun sejatinya, vertigo bukanlah sejenis sakit kepala yang bisa menyerang siapa saja. Menurut beberapa riset yang pernah dilakukan di Kanada pada pertengahan tahun 2009, diungkapkan bahwa vertigo ini paling sering menyerang mereka yang berusia antara usia remaja hingga dewasa.

Namun untuk mengetahui dengan pasti mengapa serangan vertigo ini menyerang pada rentang usia tersebut, masih diperlukan riset lebih mendalam. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila mengetahui dengan baik tentang vertigo, penyebab dan penanganan terbaik yang seharusnya dilakukan.

Penyebab vertigo

Berikut beberapa penyebab vertigo yang mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan keseimbangan dan seringkali diikuti dengan timbulnya penglihatan seolah-olah lingkungan sekitarnya bergerak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Gangguan saluran telinga bagian dalam. Menurut salah seorang praktisi syaraf yang berdinas di sebuah rumah sakit swasta di Jawa Timur, diungkapkan bahwa terjadinya gangguan pada telinga bagian dalam yang kaya akan serabut syaraf penghubung ke otak, merupakan salah satu penyebab timbulnya gangguan keseimbangan yang bisa diikuti dengan serangan sakit kepala yang dikenal dengan vertigo.
Baca Juga :  Cari Tahu Tentang Ejakulasi Dini (Pengertian, Penyebab & Mengobati)
  • Penurunan suplai darah ke otak. Selain dipicu oleh gangguan pada saluran telinga bagian dalam yang kaya akan serabut syaraf, vertigo juga bisa disebabkan oleh terjadinya penurunan suplai darah yang menuju ke otak. Menurut salah seorang praktisi syaraf dan neurologi, dikatakan bahwa pemeriksaan menggunakan teknik angiogram dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya sumbatan pada aliran darah menuju ke otak.
  • Syaraf tertekan karena tulang ataupun tumor. Terdapatnya tumor ataupun kelainan pada tulang tengkorak yang menekan syaraf keseimbangan ataupun sistem vestibular, sehingga mengakibatkan gangguan keseimbangan yang samar atau dikenal juga dengan vertigo ringan.
  • Infeksi. Infeksi yang terjadi pada bagian dalam telinga, juga merupakan salah satu pemicu terjadinya vertigo ini. Menurut salah seorang staff medis pada bagian syaraf rumah sakit swasta di Jawa Timur, diungkapkan bahwa pengambuilan sampel atau contoh cairan pada telinga atau sinus bisa dilakukan.

Dengan mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab serangan vertigo ini, tindakan penanganan dapat dilakukan. Apa saja jenis dan macam penanganan vertigo yang bisa dilakukan?

Penanganan vertigo

Berikut beberapa jenis dan macam penanganan vertigo yang bisa dilakukan sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Skopolamin. Menurut beberapa jurnal medis, dikatakan bahwa pengobatan menggunakan skopolamin dimaksudkan untuk meminimalkan efek bergerak atau berputar ketika terjadi serangan vertigo, sehingga tidak memicu timbulnya perasaan mual atau muntah.
  • Bedah. Menurut salah seorang dokter spesialis syaraf yang berdinas di RS Tambak Rejo Surabaya, dikatakan bahwa tindakan bedah dapat dilakukan bagi mereka yang menderita vertigo posisi jinak, yaitu vertigo yang disebabkan oleh kristal kalsium karbonat yang mengambang bebas dan menekan susunan syaraf keseimbangan.

Demikianlah beberapa hal penting mengenai vertigo, penyebab dan penanganan terbaik yang seharusnya dilakukan. Semoga bermanfaat.

MARI DISKUSI

Please enter your comment!
Please enter your name here